Kamis, 08 Juni 2017

PostHeaderIcon Reaksi Dalam Proses Pembuatan Klinker





Ada vickynisasi ada juga Klinkerisasi, ^-^
Apa itu Rx Klinkerisasi, RX Klinkerisasi merupakan pembentukan senyawa-senyawa clinker sprt C3S dan kawannya, dari hasil pengikatan oksida-oksida seperti CaO,SiO2 , Al2O3, Fe2O3   

   Reaksi klinkerisasi adalah :

4CaO + Al2O3 + Fe2O3               4CaO. Al2O3.Fe2O3            : (C4AF)
4CaO + Al2O3                              3CaO. Al2O3                       : (C3A)
2CaO + SiO2                                2CaO.SiO3                          : (C2S)
CaO + 2CaO. SiO3                      3CaO. SiO3                          : (C3S)

 a.       Oksida-oksida CaO dan SiO2 berikatan secara kimia membentuk:

·      3CaO.SiO2 (C3S) yaitu trikalsium silikat atau disebut mineral alite. Mineral ini membentuk kristal monokiln trigonal berwarna putih dan sifatnya memberikan kontribusi terhadap karakteristik semen : reaksi hidrasi cepat, panas hidrasi sedang, dan kuat tekan awal tinggi.
·         2 CaO.SiO2 (C2S) yaitu dikalsium silikat atau disebut mineral belite. Mineral ini berbentuk kristal monokiln berwarna putih dan sifatnya memberikan kontribusi terhadap karakteristik semen : reaksi hidrasi lambat, panas hidrasi rendah, dan kuat tekan akhir tinggi.

b.      Oksida-oksida CaO dan Al2O3 berikatan secara kimia membentuk 3 CaO.Al2O3 (C3A) sebagai trikalsium aluminat atau disebut mineral celite. Mineral ini berbentuk kristal kubik ortho rhombos berwarna putih dan sifatnya memberikan kontibusi terhadap karakteristik semen : reaksi hidrasi cepat, panas hidrasi tinggi, dan kuat tekan awal tinggi.

c.       Oksida-oksida CaO, Al2O3, dan Fe2O3 berikatan secara kimia Membentuk 4 CaO.Al2O3. Fe2O3 sebagai tetrakalsium aluminate ferrate atau disebut mineral ferrite (C4AF). Mineral ini berbentuk kristal ortho rombis berwarna sawo, abu-abu gelap, atau kehijau-hijauan dan sifatnya memberikan kontribusi terhadap karakteristik semen : reaksi hidrasi lambat/ sedang, panas hidrasi sedang, terhadap kuat tekan semen tidak terlalu berpengaruh.
 

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
MEYLINA
Hallo, saat suka baca saya akan baca, bacaan mulai dari artikel internet,pamflet,buletin, sampai novel akan saya baca. Saat suka nonton saya akan nonton terusss sampai ngantuk mulai dari film-film barat, thai,jepang,india, korea apalagi dramanya ^_^. Hal-hal yang mudah, simple dan menyenangkan, saya paling suka itu ^_^.
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Followers